cara membersihkan gorden

Meskipun tidak harus sesering membersihkan rumah, gorden tetap perlu dibersihkan secara teratur agar tidak mengganggu keindahan rumah.

Untuk beberapa  jenis  gorden terutama yang modelnya agak rumit, memang laundry adalah pilihan  paling pas  untuk  menyelesaikannya. Tapi untuk beberapa jenis gorden tertentu sebenarnya bisa kita cuci sendiri di rumah, lho! Berikut tipsnya:

  1. Gorden yang terbuat dari bahan katun, satin, poliester, atau jenis kain-kain lain yang bersifat ringan dan lemas dapat dicuci secara manual atau menggunakan mesin cuci. Anda bisa memberlakukannya sama seperti pakaian. Tidak ada trik khusus untuk membersihkan gorden dari bahan-bahan ini.
  2. Berbanding terbalik dengan gorden yang terbuat dari bahan beludru, organza, atau jenis kain-kain lain yang bersifat berat harus dicuci dengan teknik yang khusus. Salah-salah justru gorden tersebut akan rusak akibat perlakuan yang keliru. Misalnya memeras gorden dengan cara memelintirnya atau menggosoknya memakai sikat yang berbulu kasar.
  3. Lain lagi dengan gorden yang dibikin dari bahan chenille. Bahan ini begitu istimewa sehingga perlu dicuci dengan metode khusus. Anda harus mencucinya dengan proses cuci kering (dry clean) agar tidak merusak gorden tersebut. Sebab kalau gorden chenille dicucinya menggunakan cara yang biasa maka bisa dipastikan ukurannya bakal menciut.
  4. Khusus untuk gorden yang dilengkapi pelmet, Anda tidak boleh mencuci gorden tersebut secara sembarangan. Jika Anda melakukannya asal-asalan, dijamin deh gorden kesayangan Anda bakalan cepat rusak, terutama pada bagian kain keras. Anda hanya perlu menyiram gorden tadi dengan air secukupnya. Lalu sikatlah hanya pada bagian gorden yang terlihat kotor. Itu pun harus menggunakan sikat yang berbulu halus.
  5. Beberapa gorden dipercantik dengan vitrase. Proses pencucian vitrase yang polos bisa dilakukan menggunakan mesin cuci. Tetapi untuk vitrase yang berumbai atau berbordir sebaiknya cukup dikucek menggunakan tangan. Jangan pernah mencuci vitrase berumbai/berbordir ini memakai mesin cuci atau pun sikat karena dapat menyebabkan kerusakan.
  6. Disarankan untuk merendam gorden dan vitrase di air panas terlebih dahulu selama 2-3 jam sebelum dilakukan proses pencucian. Tujuannya supaya hasil pencucian lebih maksimal, kain lebih bersih dan warnanya pun tampak lebih cerah. Proses ini sangat efektif menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel di serat kain. Barulah kemudian Anda bisa mencucinya sampai bersih.
  7. Walaupun cukup merepotkan, tetapi wajib hukumnya melepaskan semua aksesori yang terpasang pada gorden yang akan dicuci. Anda harus mencopot semua kawat, smock ring, besi, dan hiasan-hiasan lain yang menempel pada gorden tersebut. Ingatlah, aksesori tadi dibuat dari bahan logam yang akan berkarat apabila permukaannya tergores lalu terkena air. Tidak hanya aksesori tadi saja yang bakal rusak, tetapi noda karat yang menempel di gorden pun akan sulit dihilangkan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *