cara pemasangan gorden rumah sakit yang baik

Cara pemasangan gorden rumah sakit yang baik

gorden rumah sakit
gorden rumah sakit

Cara pemasangan gorden rumah sakit yang baik – Kita sekarang hidup sekarang berdampingan dengan virus covid-19. Berdasarkan kompas.com di beberapa negara masih melaporkan kasus baru infeksi virus corona. Ini menandakan bahwa pandemi covid-19 di Dunia belum berakhir. Di Indonesia sendiri pandemi covid-19 sudah berlangsung setahun lebih. Dan berdampak di berbagai sektor. Di sektor pendidikan siswa ataupun mahasiswa harus belajar dari rumah atau belajar melalui daring. Begitu pula di sektor ekonomi masyarakat banyak sekali masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja karena usaha yang di tutup atau menurun penghasilannya. Rumah sakit juga memiliki dampak yang sangat tinggi terkait virus corona. Sering kali kewalahan ketika pasien melonjak. Belum lagi ada pasien lain selain yang terinfeksi corona.

Tidak sedikit rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pasien dengan positif corona. Hal ini membuat rumah sakit membuat ruang baru untuk menampung pasien yang sangat banyak. Untuk mempercepat prosen pembuatan ruangan baru biasanya rumah sakit lebih memilih sekat dari kain atau gorden dari pada tembok atau semacamnya. Sehingga dalam satu ruangan yang besar akan terbagi menjadi beberapa bagian ruangan untuk pasien. Walaupun dari kain atau gorden namun privasi pasien akan tetap terjaga dan membuat pasien nayaman karena ruangan tidak akan terasa pengap.

Gorden khusus rumah sakit tentu saja beda dengan gorden yang biasa kita lihat di rumah atau di tempat lainnya. Selain itu cara pemasangannya pun passti beda. Disini kita akan bahas bagaimana cara pemasangan gorden penyekat ruangan rumah sakit yang baik dan benar. Sebetulnya ada 2 tipe cara pemasangan tirai rumah sakit yaitu dengan menggunakan ceiling dan menggunakan tongkat stik. Penggunaaanya tergantung permintaan dari pihak rumah sakit itu sendiri atau dari faktor lainnya.

Jika rumah sakit memilih pemasangan gorden menggunakan ceiling berarti pemasangan gorden ini dengan cara menempelkan relnya langsung ke plafon dengan menggunakan ceiling. Pemasangan seperti ini sangat bagus dan cocok jika model gorden yang digunakan adalah model jaring pabrik yaitu model kain gorden sekat rumah sakit yang ada bolong-bolong nya atau jaringnya. Sehingga ruangan tidak akan terasa panas. Selain itu pemasangan seperti ini lebih kokoh dan kuat namun plafon nya harus rata tidak ada hambatan seperti balok atau lampu permanen yang menghalangi rel menempel di plafon.

Selain itu juga bisa menggunakan stik atau tongkat. Biasanya pemasangan gorden sekat ruangan rumah sakit menggunakan tongkat di karenakan ada hal yang menghambat seperti di plafon ada balok atau tidak rata. Sangat cocok menggunakan gorden yang tidak ada jaring nya karena sudah menggunakan stik atau tongkat jadi masih ada sirkulasi udara.

Beberapa langkah pemasangan gorden khusus rumah sakit yang baik dan benar

Lebih jelasnya berikut pemasangan gorden dengan masing masing tipe nya

Pemasangan tirai rumah sakit menggunakan ceiling

gorden rumah sakit
tirai rumah sakit jaring pabrik

Memasang tirai rumah sakit memakai celing ini lebih gampang dibanding memakai stick. Di bawah ini beberapa langkah nya.

  1. Pertama-tama kita harus memastikan bahwa ukuran gorden dengan ruangan sama
  2. Setelah ukurannya sesuai, kemudian buat lengkung relnya dengan cara melengkungkan dan di tata kelengkungannya serta harus tetap seimbang. Tak perlu khawatir karena rel yang bagus jika dilengkungkan tidak mudah patah
  3. Pasang ceiling ke plafon dengan menggunakan baut yang tersedia, atur jarak antara ceiling satu dengan deiling lainnya dengan standar jaraknya 50 cm setiap ceiling.
  4. Setelah ceiling terpasang semuanya pasangkan relnya ke ceiling dengan cara merenggangkan jepitan ceiling serta input relnya sampai rel terjepit dengan sempurna.
  5. Masukan roda kedalam rel pastikan bolongan gorden sudah dipasang carabiner.
  6. Terakhir tutup ujung rel dengan tutupnya.

Pemasangan tirai rumah sakit menggunakan stik atau tongkat.

gorden rumah sakit
tirai rumah sakit anti darah

Pemasangatirai rumah sakit menggunakan stik atau tongkat berbeda dengan menggunakan ceiling. Memakai stik atau tongkat lebih repot karena harus mengendalikan terlebih dahulu stiknya serta memastikan baut yang ada pada stik terpasang dengan sangat rapih dan kencang. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama kita harus memastikan bahwa ukuran gorden dengan ruangan sama
  2. Setelah ukurannya sesuai, kemudian buat lengkung relnya dengan cara melengkungkan dan di tata kelengkungannya serta harus tetap seimbang. Tak perlu khawatir karena rel yang bagus jika dilengkungkan tidak mudah patah
  3. Kemudian pasang stik paling sedikit 6 meter, memakai 5 stick sehingga dari satu stik ke stik lainnya seputar satu meteran dan atur jaraknya saja.
  4. Pastikan di pojok lengkungan rel di pasang stik supaya relnya kuat dan tidak goyang.
  5. Pasangkan ujung rel ke tembok memakai bracket U. Untuk menempatkan baut bracket U biasanya memakai bor. Dalam pemasangan rel ini di anjurkan memakai tangga yang kuat dengan pertolongan orang paling sedikit dua orang agar ada yang menolong pegangan saat menempelkan bracket.
  6. Masukan roda ke rel yang sudah terpasang
  7. Terakhir tutup ujung rel dengan tutupnya.

Jual gorden rumah sakit berkualitas dan sesuai standar rumah sakit, serta bergaransi – Deden Decor

Itulah langkah-langkah memasang gorden khusus rumah sakit yang baik dan benar. Namun jika anda bingung mencari toko tirai rumah sakitnya bisa pilih toko yang sudah berpengalaman seperti Deden Decor. Karena telah berpengalaman lebih dari 10 tahun, selain itu sudah sangat profesional dalam pemasangannya. Jadi jika anda tidak bisa memasangnya sendiri Deden Decor memberikan pelayanan pemasangannya. Bahan yang digunakan juga berkualitas dan sudah standar rumah sakit.

gorden rumah sakit
tirai rumah sakit terbaik